Senin, 27 Februari 2012

Struktur batin dan Struktur Fisik puisi Cintaku jauh dipulau karya chairil anwar


STRUKTUR BATIN DAN STRUKTUR FISIK PADA PUISI CINTAKU JAUH DI PULAU KARYA CHAIRIL ANWAR
Disusun untuk memenuhi tugas semester III
Mata Kuliah                 : Karya Tulis Ilmiah
Kelas                           : Pagi C
Dosen pengampu         : Erwan Kustriyono, S.Pd.

Oleh,
Heri Susanto (10.0389.H)

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PEKALONGAN
PEKALONGAN

BAB I
PENDAHLUAN
A.      Latar Belakang
                 Karya sastra merupakan seni dalam kehidupan, banyak orang yang mengekspersikan dirinya melalui karya sastra. Jenis-jenis karya sastra banyak sekali diantaranya adalah puisi. Karya sastra khususnya puisi adalah kenyataan diatas khayalan (Suharianto 1981:13). Puisi merupakan karya sastra berupa tulisan yang dibuat oleh seorang penyair melalui kata-kata yang indah. Puisi populer di dunia pendidikan Indonesia yang masuk dalam mata pelajaran bahasa Indonesia.
            Puisi adalah suatu karangan imaginatif oleh seorang penyair, dan puisi terbentuk dari dua struktur yang saling mendukung.Waluyo (1987:25) mengatakan ada dua struktur yang membentuk yaitu struktur batin puisi dan struktur fisik puisi kedua struktur ini telah lama dikenal dalam pembelajaran puisi di indonesia. Di dalam kedua struktur tersebut  masih banyak lagi unsur-unsur yang membentuk.
                 Struktur fisik puisi merupakan struktur yang terlihat dari puisi tersebut secara kasat mata. Struktur fisik puisi terbentuk dari diksi, pengimajian, kata konkret, majas versifikasi dan tipografi. Sedangkan struktur batin adalah struktur yang berada dalam puisi tetapi secara tersirat, struktur batin puisi terbentuk dari tema, nada, perasaan dan amanat. Mengenai struktur fisik dan strukur batin puisi akan coba dibahas lebih mendalam dalam makalah ini melalui puisi dari Chairil Anwar CINTAKU JAUH DI PULAU.



B.      Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas maka rumusan masalah pada makalah ini adalah.
1.      Apakah pengertian dari puisi ?
2.      Bagaimanakah struktur batin dari puisi cintaku jauh di pulau karya Chairil Anwar?
3.      Bagaimanakah struktur fisik dari puisi cintaku jauh di pulau karya Chairil Anwar ?


C.    Tujuan Penulisan
Berdasarkan latar belakang diatas maka tujuan penulisan dari makalah ini adalah.
1.      Mendiskripsikan pengertian puisi ?
2.      Mendiskripsikan struktur batin puisi cintaku jauh di pulau karya Chairil Anwar ?
3.      Mendiskripsikan struktur fisik dari puisi  cintaku jauh di pulau karya Chairil Anwar?



4.       
BAB II
PEMBAHASAN
A.    Kajian Teori
                  Pradopo (1987:7) mengatakan bahwa puisi itu adalah karya sastra yang mengekspresikan pemikiran yang membangkitkan perasaan,yang merangsang imajinasi pancaindra dalam susunan yang berirama. Puisi itu merupakan rekaman dan interpretasi pengalaman manusia yang penting, digubah dalam wujud yang paling berkesan.
                 Waluyo (1987:25) mengatakan Jika dipaksa untuk memberikan definisi puisi yang sangat sukar dirumuskan, kira-kira seperti berikut. Puisi adalah bentuk karya sastra yang mengungkapkan pikiran dan    perasaan penyair secara imajinatif dan disusun dengan mengkonsentrasikan semua kekuatan bahasa melalui pengkonsentrasian struktur fisik dan struktur batinnya.
                 Struktur adalah sesuatu yang disusun dengan cara atau pola tertentu untuk menjadikan suatu bentuk. Struktur puisi adalah sesuatu unsur yang disusun  dengan cara tertentu sehingga menjadi sebuah puisi. Struktur fisik puisi adalah unsur-unsur yang disusun dengan sehingga membentuk puisi secara fisik atau yang dapat dilihat oleh mata.
                 Sedangkan struktur batin puisi adalah unsur-unsur yang disusun sehingga membentuk puisi dari dalam puisi. Puisi terdiri dari dua struktur fisik dan struktur batin, dibawah ini ada beberapa  unsur yang membentuk struktur batin dan struktur fisik menurut para ahli.
1.      Tarigan, (dalam Waluyo 1987) mengatakan bahwa unsur puisi terdiri dari hakikat puisi yang meliputi tema , rasa, amanat, nada , serta metode puisi yang meliputi diksi, imajeri, kata nyata, majas, ritme, dan rima.
2.      Waluyo (1987) yang mengatakan bahwa dalam puisi terdapat struktur fisik atau yang disebut pula sebagai struktur kebahasaan dan struktur batin puisi yang berupa ungkapan batin pengarang. Strukur fisik atau kebahasaan terdiri dari diksi, pengimajian, kata konkret, majas versifikasi dan tipografi. Sedangkan struktur batin.
3.      Dick Hartoko (dalam Waluyo, 1987:27) menyebut adanya unsur penting dalam puisi, yaitu unsur tematik atau unsur semantik puisi dan unsur sintaksis puisi. Unsur tematik puisi lebih menunjuk ke arah struktur batin puisi, unsur sintaksis menunjuk ke arah struktur fisik puisi. unsur puisi meliputi , diksi, imajeri,  bahasa kiasan, simbol, bunyi, ritme, bentuk

Dari definisi-definisi di atas memang seolah terdapat perbedaan pemikiran, tapi berdasarkan definisi diatas dapat disimpulkan bahwa puisi adalah karya sastra yang mengkonsentrasikan struktur fisik dan struktur batin  dan mengekspresikan pemikiran seorang penyair secara imaginatif dengan memadatkan kata dan makna yang digubah dalam wujud bentuk yang paling berkesan.
Dari beberapa pendapat di atas juga dapat disimpulkan bahwa unsur-unsur puisi meliputi  tema, nada,  rasa, amanat,  diksi, imaji, bahasa figuratif,  kata konkret,  ritme dan rima. Unsur-unsur puisi ini, menurut pendapat Dick Hartoko dan Waluyo dapat dipilah menjadi dua struktur, yaitu struktur batin puisi (tema, nada, rasa, dan amanat) dan struktur fisik puisi (diksi, imajinasi, bahasa figuratif, kata konkret, ritme, dan rima).

B.     Pembahasan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar